Tuesday, February 21, 2012

Menurut aku pendidikan berkaitan erat dengan perekonomian suatu bangsa, anak anak harus dididik agar bisa keluar dari golongan konsumer menjadi golongan produser. Dalam kaitan hal ini, golongan produser maksudnya menjadi orang yang mengkontribusi di rantai makanan, dibidang pelayanan barang dan jasa seperti menanam tanaman pangan, teknologi, transportasi, kesehatan batin.

Dalam kaitan ini projek universitas terakhir atau final year project mempunyai kaitan erat untuk menciptakan anak mandiri, karena pendidikan yang diberikan bukan lagi spoon feed, meyalin catatan, menghafal, ujian tulisan, projek terarah. Setelah dilatih projek research tambahan dan ekstra kulikular pilihan masing masing. Di sinilah anak anak benar benar diuji (dalam waktu terbatas) keterampilan mencari bahan bahan yang berkaitan dengan projek , narasumber banyak yang diambil dari buku perpustakaan, journal journal, untuk melihat perkembangan yang telah ditemukan orang lain, kemudian dari tahap pembelajaran tersebut murid murid disupervise untuk melakukan research dan development di laboratorium universitas.

Dalam banyak bidang, murid universitas bahkan harus mencari kontraktor dan bahan bahan projek tanpa melampui batas dana yang diberikan. Walaupun susah, anak anak universitas dianjurkan untuk tidak mengambil dari satu protokol dari segi teori, praktek, sampai penulisan laporan dan presentasi. Banyak universitas ternama akan mengambil tindakan serius untuk kasus kasus seperti ini, kata kunci kasus dalam bahasa inggris adalah plagiarism.

No comments: